Saturday, November 26, 2011

Membelah kota Ho Chi Minh, Vietnam..

Kali ini gw bakal mengupas tentang Vietnam (sejauh pandangan, pengamatan, penglihatan, dan perasaan gw). Err.. lebih tepatnya Ho Chi Minh City (HCM) sih. Mulai dari kehidupan sehari” dsini, makanan, tempat wisata, dll. Khusus untuk tempat makan ntar gw pisah sendiri krn mungkin bakal terus di update. Selain sebagai ajang curcol, sapa tau post ini berguna buat orang-orang yang mau berlibur or stay dsini. Okay, let’s get started..

Sejarah Vietnam
Wew.. Sori” aja gw ga minat ngejelasinnya.. Bahkan gwpun ga tertarik utk mendengar n mengetahuinya.. wkwk.. Buat yang mau tau, liat dsini aja. 

Environment
Pertama kali menginjakkan kaki di kota ini, cukup kagum liat airportnya (Tan Son Nhat Airport), cukup besar, bersih, dan modern. Kesan pertama cukup ok lha.. Mengingat tadinya gw pikir Vietnam itu agak” suram. Keluar dari airport, mulai terdengar banyak suara burung berkicau, errr maybe burung lebih merdu.. Orang” kiri kanan mulai berceloteh dengan bahasa alien. Fiuh.. I’ll getting used to it. Begitu masuk ke kotanya, ternyata tidak seindah airportnya. Ga beda jauh sama Jakarta, dimana” penuh motor, pengemudinya cukup ugal”an, begitu setidaknya yang gw liat pertama kali.
Tan Son Nhat Airport di malam hari

Then, setelah cukup lama (setidaknya gw berpikir demikian) ada disini, dan berkeliling ke beberapa tempat, intinya kota ini ga beda jauh sama Jakarta, ada kawasan” elit, ada yang menengah, juga ada pemukiman cukup kumuhnya. Kalo di Jakarta dibagi” jadi kodya Jak-Ut, Jak-Bar, dll, disini pembagiannya pake District, and gw terdampar di District 1. District 1 itu lebih ke daerah perkantoran dengan gedung” bertingkat (tapi masi jauh dari kawasan Sudirman or Kuningan), trus daerah turis juga, ya intinya pusat kota lha. Tapi bukan berarti dsini serba elit, masi ada kawasan elit di District 7, Phu My Hung, itu semacem Alam Sutra, Kelapa Gading or Summarecon Serpong kali ya kalo di Jakarta.
Saigon Pearl, salah satu apartemen termashyur di HCMC
 Mentari di Ufuk Barat HCMC


Apa yang bakal sering ditemui di jalan” HCM ?
Pertama, kita bakalan terbiasa melihat gumpalan kabel listrik yang menggantung sangat rendah n kadang mengerikan. Awalnya sempet serem liat kabelnya rendah banget di beberapa tempat, tapi lama" da terbiasa.
Kedua, (ini bukan ditemui, tapi didengar) klakson mobil n motor yg ga akan pernah berhenti 24jam (blom perna kluar jalanan jam 12 malem keatas sih, tp i think when there is a motorbike or car, there’s a sound of horn). Jadi jangan heran kalo uda kembali ke home town n pendengaran serasa kurang peka lagi.
Ketiga, penjual lotere. Kalo di pusat kota, konon katanya ga bole ada pengemis yang minta” gratis , jadi cara mereka ngemisnya adalah dgn menjual lotere. Trus buat mereka yg cacat ada kendaraannya khusunya gitu deh.
Keempat, jangan heran kalo liat tulisan free Wi-Fi di toko” kecil. Dsini Wi-Fi cukup populer, n orang"nya ga gaptek kali yah? kurang paham tp kalo di pelosok.. wkwk.. kalo dsini, org lagi ngopi di trotoar sambil maenan laptop pun bukan pemandangan asing. Yang lebih keren, gw perna belanja di Ben Thanh Market yang penjaga tokonya (bukan pemilik) pake Iphone4.  Note : dsini BB kaga laku, kalo ketemu orang pake BB, 90% dia orang Indo *big grin*. Intinya di sini internet murah dan mudah didapat, bgitu juga TV cable harganya murah.
Kelima, kalo lagi jam bubaran anak skolahan, jangan bingung liat anak skolah pake sepatu sendal. Dsini anak” skola (mungkin cuma beberapa skolah ya) boleh pake sendal ke sekola, so far sih blom ketemu yang sendal beneran ya, baru ketemu yg sepatu sendal. Tapi ttep aja masi skolah kale bukan kuliah. Kalo sekolah aja pake sepatu sendal, mungkin kuliahnya bole pake swallow kali yah ?
Keenam, taman. Di setiap jalan-jalan besar biasanya ada taman di tengah"nya, dan kalo malem tamannya dipenuhin ama anak" abg pacaran. Jadi buat yang ga ada kerjaan kalo weekend, jangan ke taman, ntar ngiri :D
Ketujuh, cafe. Baik itu cafe beneran yang high class, atau cafe jadi"an tempat ngopi orang" lokal. Kalau jalan di daerah backpacker atau daerah turis di D1 pasti sepanjang jalan banyak cafe" yang dipenuhin para turis, jadi lumayanlah buat pemandangan di malam hari.

Transportation
Gw kira Jakarta uda nomor satu soal lalu lintasnya. Setelah liat dsini, gw brubah pikiran. Memang macetnya Jakarta belom kalah, tapi semrawutnya itu loh...... Tak bisa dilukiskan dengan kata”.  Dsini motor nya mendominasi. Mengingat harga mobil disini muahal, jadi kalangan tertentu aja yang pake mobil. Oh ya fyi, dsini itu setir kiri. Jadi disini itu belok kanan bole langsung, biasa kita bilang ‘bekibolang’ brarti dsini ‘bekabolang’ :p Kalo dibuat polling buat para pengendara motor n mobil dsini, mungkin mereka akan lebih
memilih tidak ada rem, ketimbang tidak ada klakson. Setiap jalan mereka ga peduli di depan ada apa, atopun ga ada apa”, pokoknya bunyiin klakson aja dlu, demi membuktikan keeksisannya. Kalo ada ssuatu di depan artinya : “minggir luh”, kalo ga ada apa-apa artinya : “oi gw lewat nih ya ati-ati lu smua”, semacam itulah. Mungkin orang” dsini kalo ke Jakarta bole balapan ama supir angkot. Jadi celah sesempit apapun bakal mereka masukin, terutama motor, bahkan senggol” dikit ga masalah buat mereka.
Jumlah manusia = jumlah motor di Vietnam --"
Dan yang paling parah mnurut gw, lampu merahnya, liat gambar dibawah deh (niat banget ye gw). Itu contoh kondisi di perempatan, itu kejadiannya sekali jalan, maksudnya sekali lampu ijo, itu barengan jalan smua. Plus belok kanan boleh langsung. Jadi dibayangkan aja yang mengarah ke Timur akan samprokan ama yang mengarah ke Utara (seumpama yang ada panah merah itu jalanan dua arah dan yg ijo itu jalanan satu arah doank, bayangin kalo jalannya dua arah semua, plus jangan lupa backsoundnya suara klakson sahut”an). Wuihhh mantappp!! Tapi, justru ini yang bikin Vietnam ga macet kayak Jakarta, jadi mobil" ga keburu numpuk di lampu merah :D Agak jarang liat macet disini sih paling merambat aja kalo jam bubaran kantor.

Tapi buat para penyebrang jalan jangan takut. Awalnya gw juga agak” bingung kl mw nyebrang, scara ga ada jembatan penyebrangan. Trus belakangan gw diajarin kl mw nyebrang,jalan santai trus merem aja tanpa dosa, ntar juga sampe (Cuma ga jelas ya sampenya dimana, di rumah sakit, di surga, atau di seberang) Tapi ternyata bener loh (ga kok, gw ga merem) cm jalannya pelan, jangan lari, otomatis motor” bakal ngelakin kita. Ini berlaku dengan catatan si pengendara motornya juga ga lagi meleng :D

Tapi setidaknya dsini bagusnya adalah motor harus jalan di kanan dan mobil di kiri, kalo ga mau ditangkep polisi. Jadi setidaknya sedikit lebih baik. Sedikit doank lho.. Trus jangan punya motor bagus” kalo dsini, percuma, pasti ancur punya, selain di baret” motor lain, juga cara parkir mereka yang cukup bar”. Joknya ditulis pake kapur, susah dihapus pula, jadi kalo 50kali ke tempat yang parkirnya begitu, dan orangnya males ngapus, berarti joknya bakal berubah warna jadi putih (beberapa tempat aja sih), sisanya ada yang parkir pake kartu yg di scan kyk di mall”, atau pake karcis yg disobek dua, satu disangkutin di kaca spion n satu kita pegang, jadi pas keluar dicocokin. Satu lagi bagusnya, dsini beberapa tempat ga perlu bayar parkir. Lumayan kan biar murah juga. Oh ya, barangkali ada yang ke sini n beli motor, jangan komplen dulu kalo liat di depan ga dipasangin platnya, bukannya mereka lupa pasang, tapi emg motor dsini cuma punya plat di blakang. Trus dsini jg hampir ga ditemuin helm yg full sekepala gitu. Kalopun ada mungkin belinya ga dsini. Helm dsini batok smua yg setengah kepala, tapi dsini kudu nyangkutin kaitan yg di dagu itu loh, kalo ga ntar ditangkep pak pol, kalo ga ditangkep pak pol ya palingan helmnya terbang..

Oh ya sama halnya Jakarta, dsini blom ada MRT. Jadi kl mau naik transportasi umum ya naiklah bus. Bus dsini agak nyusahin ya, krn berentinya kudu di tempat yg uda ada tandanya buat brenti, kita biarpun ada halte juga tetep aja kan bisa naik n turun dimana aja *big grin* Bus dsini yah std lha, tidak keren, tp juga ga kayak kopaja or metromini yang uda uzur, busnya ga terlalu sumpek, ada ac n ketutup pintunya. Trus kita juga dikasi karcis, jd kemungkinan penipuannya jg agak kecil. Atau kalo mau aman, naiklah taxi. Tarifnya std lha ya mirip" di Jakarta. Oh ya, penting buat turis nih, inget pake 2 merk ini : Mai Linh atau Vinasun. Yang lain tidak terjamin, konon katanya bisa diketok, selaen harganya yang diketok, mungkin jendelanya juga, hiyy.. >.< How about ojek ? Blom perna naik sih.. Yang pasti nawar aja kl mau naik. Daripada pas turun tau" harganya selangit, cape kan berdebat pake bahasa alien..

Kalo ada tulisan ini, artinya disitu bus bakalan brenti pick up pnumpang

Kalo soal bensin, ckup mahal harganya, kira" 2kali nya premium kali ya. Trus kalo isi bensin boro” ada line antriannya, motor” ya masuk aja kemana yang mreka anggep sepi stationnya. Sukur” sih tukangnya sadar mana yang dluan, kalo ga yahh sadar diri masing” deh.. Kalo mobil ya laen cerita pasti antri sih, kecuali tempat isi bensinnya segede lapangan bola. Dan ga cuma soal isi bensin, di tempat" tertentu yang membutuhkan antrian, berhati" dan waspadalah, pastikan Anda tidak menyediakan cukup ruang untuk disalip :D
Di pom bensin, motor bisa dateng dr segala arah




to be continue.. "Place to Visit at Vietnam"

No comments:

Post a Comment